Penilaian Pembelajaran

Pertemuan 1-2

  • Mendeskripsikan konsep dasar evaluasi pendidikan
  • Mendeskripsikan kedudukan evaluasi dalam pembelajaran

Pertemuan 3

  • Menanalisis ruang lingkup Evaluasi Pembelajaran,
  • Menganalisis asas dan Prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran
  • Mendeskripsikan peran evaluasi dalam proses pembelajaran
  • Menganalisis ruang lingkup evaluasi pembelajaran PPKn
  • Mengidentifikasi prinsip-prinsip dalam evaluasi pembelajran
  • Menganalisis cakupan evaluasi pembelajaran pendidikan
  • Mengidentifikasi syarat dan tujuan evaluasi
  • Menganalisis metode evaluasi pembelajaran pendidikan

Pertemuan 4

  • Penilaian Kognitif
  • Penilaian Afektif
  • Penilaian Psikomotor

Pertemuan 5

  • Mengidentifikasi prinsip Evaluasi
  • Mengenalisis jenis – jenis alat evaluasi
  • Menganalisis jenis jenis instrument evaluasi tes dan non tes

Pertemuan 6-7

  • Mengidentifikasi subjek evaluasi pembelajaran
  • Menjelaskan jenis jenis penilaian pada kurikulum 2013
  • Menjelaskan konsep penilaian autentik pada kurikulum 2013
  • Mengidentifikasi model penilaian pada aspek sikap
  • Mengidentifikasi model penilaian pada asepk kognitif

Pertemuan 8

  • UTS

Pertemuaun 9

  • Menentukan tujuan tes
  • Menyusun kisi-kisi tes
  • Memilih bentuk-bentuk tes
  • Membuat tes

Pertemuan 10-11

  • Menerapkan cara melakukan uji coba instrumen penilaian
  • Menganalisis hasil uji coba instrumen dalam bentuk laporan

Pertemuan 12-13

  • Menentukan tingkat kesulitan soal
  • Menentukan daya pembeda soal

Pertemuan 14-15

  • Macam-macam validitas
  • Validitas butir soal/item Uji validitas