Penilaian Pembelajaran
Pertemuan 1-2
- Mendeskripsikan konsep dasar evaluasi pendidikan
- Mendeskripsikan kedudukan evaluasi dalam pembelajaran
Pertemuan 3
- Menanalisis ruang lingkup Evaluasi Pembelajaran,
- Menganalisis asas dan Prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran
- Mendeskripsikan peran evaluasi dalam proses pembelajaran
- Menganalisis ruang lingkup evaluasi pembelajaran PPKn
- Mengidentifikasi prinsip-prinsip dalam evaluasi pembelajran
- Menganalisis cakupan evaluasi pembelajaran pendidikan
- Mengidentifikasi syarat dan tujuan evaluasi
- Menganalisis metode evaluasi pembelajaran pendidikan
Pertemuan 4
- Penilaian Kognitif
- Penilaian Afektif
- Penilaian Psikomotor
Pertemuan 5
- Mengidentifikasi prinsip Evaluasi
- Mengenalisis jenis – jenis alat evaluasi
- Menganalisis jenis jenis instrument evaluasi tes dan non tes
Pertemuan 6-7
- Mengidentifikasi subjek evaluasi pembelajaran
- Menjelaskan jenis jenis penilaian pada kurikulum 2013
- Menjelaskan konsep penilaian autentik pada kurikulum 2013
- Mengidentifikasi model penilaian pada aspek sikap
- Mengidentifikasi model penilaian pada asepk kognitif
Pertemuan 8
- UTS
Pertemuaun 9
- Menentukan tujuan tes
- Menyusun kisi-kisi tes
- Memilih bentuk-bentuk tes
- Membuat tes
Pertemuan 10-11
- Menerapkan cara melakukan uji coba instrumen penilaian
- Menganalisis hasil uji coba instrumen dalam bentuk laporan
Pertemuan 12-13
- Menentukan tingkat kesulitan soal
- Menentukan daya pembeda soal
Pertemuan 14-15
- Macam-macam validitas
- Validitas butir soal/item Uji validitas